PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA MATERI KARYA ILMIAH KELAS XI SMA ATMA WIDYA SURABAYA

Authors

  • Nurul Na'imah
  • Mukhzamilah Mukhzamilah

Abstract

Literasi digital merupakan kecakapan dalam memanfaatkan teknologi digital guna memperoleh, memahami, serta menggunakan informasi dari beragam sumber digital. Pada ranah pendidikan literasi sangat dibutuhkan, tidak hanya literasi lama saja namun juga literasi baru (digital). Tidak hanya siswa saja guru juga penting memiliki kecakapan dalam literasi digital. Pemanfaatan literasi digital dapat diaplikasikan pada kegiatan pembelajaran seperti penggunaan multimedia interaktif berbasis Canva. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses penggunaan, hasil belajar, dan respon siswa terhadap penggunaan multimedia interaktif berbasis Canva. Subjek penelitian yang digunakan yakni siswa kelas XI di SMA Atma Widya Surabaya dengan sejumlah 20 siswa. Data dikumpulkan melalui kegiatan observasi, angket, dan tes (posttest). Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif menggunakan SPSS 20 for windows. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penggunaan multimedia interaktif berbasis Canva pada pembelajaran bahasa Indonesia materi karya ilmiah berjalan dengan baik yang dibuktikan dari persentase hasil observasi guru sebesar 93% dan hasil observasi siswa sebesar 88%. Berdasarkan hasil belajar siswa diketahui bahwa tes subjektif memiliki nilai terendah 60, rata-rata  84,00 dengan standar deviasi 11,876. Pada hasil analisis tes objektif, memiliki nilai terendah 70, rata-rata 82,00 dengan standar deviasi 8,335. Sedangkan kedua tes tersebut memiliki nilai tertinggi yang sama yakni 100. Berdasarkan persentase hasil angket respon siswa, penggunaan multimedia interaktif berbasis Canva memiliki respon positif sebesar 80% Sangat Setuju. Selain itu, persentase kelayakan dan ketertarikan siswa memperoleh hasil sebesar 95%.

Kata kunci: Multimedia interaktif, canva, karya ilmiah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-30
Abstract views: 5 , PDF Downloads: 6