KESALAHAN BERBAHASA TULIS ANAK DISLEKSIA STUDI KASUS PADA R
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan bahasa tulis pada R baik itu pada buku catatan dan teks pesan sosial media. Kesalahan bahasa tulis meliputi kesalahan penghilangan huruf, penggantian huruf, penggantian kata, penambahan huruf, pembalikan huruf, pembalikan kata, penulisan kata berulang dan pengurangan kata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan kajian psikolingustik. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik dokumentasi yang bersumber pada tulisan R di buku catatan dan teks pesan sosial media R. Analisis data yang dilakukan adalah metode padan ortografis dengan menggunakan teknik pilah unsur penentu(PUP) dan hubung banding membandingkan (HBB). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kesalahan yang dilakukan oleh R. Terdapat dua pembagian antara buku catatan R dan teks pesan sosial media. Pada teks buku catatan terdapat 107 kesalahan. Kesalahan terbanyak pada penghilangan huruf sebanyak 39 kesalahan. Adapun kesalahan penulisan lain meliputi penggantian huruf sebanyak 38 kesalahan, penggantian kata sebanyak 12 kesalahan, penambahan huruf sebanyak 8 kesalahan, penulisan kata berulang sebanyak 5 kesalahan, pembalikan huruf sebanyak 3 kesalahan, pembalikan kata sebanyak 1 kesalahan dan pengurangan kata sebanyak 1 kesalahan. Pada pesan teks media sosial terdapat 58 kesalahan. Kesalahan terbanyak pada penggantian kata sebanyak 26 kesalahan. Adapun kesalahan penulisan lain meliputi penggantian huruf sebanyak 15 kesalahan, penghilangan huruf sebanyak 8 kesalahan, pembalikan huruf sebanyak 5 kesalahan, penambahan huruf sebanyak 3 kesalahan dan penghilangan kata sebanyak 1 kesalahan.
Kata Kunci: psikolinguistik, bahasa tulis, disleksia