PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI MEDIA ALIH WAHANA TEKS BIOGRAFI KE PUISI (EKSPERIMEN FASE F DI MAN SURABAYA)
Abstract
Kedudukan media pembelajaran sangatlah krusial. Pendidik dituntut untuk bisa memilih media yang cocok digunakan dalam proses pembelajaran agar penyampaian pendidik diterima dengan jelas dan menarik minat belajar peserta didik. Mengingat teknologi yang sudah menyebar luas dalam kehidupan modern, hal ini dapat dimanfaatkan secara efektif sebagai media yang praktis untuk meningkatkan pembelajaran melalui penggunaan teknologi. Namun, berdasarkan pengamatan penulis diperoleh informasi bahwa media pembelajaran Bahasa Indonesia di MAN Surabaya belum maksimal dalam pemanfaatan teknologi. Hal tersebut menjadi dasar yang digunakan penulis untuk menetapkan weblog sebagai media pembelajaran. Selain media pembelajaran, hal yang dapat menarik minat belajar ialah diversifikasi materi ajar. Salah satu konsep materi yang diperkenalkan dalam Kurikulum Merdeka, yaitu alih wahana, merupakan subjek penelitian yang menarik karena kebaruannya dan masih terbatasnya literatur. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penelitian, efektivitas, dan respon peserta didik terhadap pemanfaatan weblog sebagai media pembelajaran menulis alih wahana teks biografi menjadi puisi di MAN Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan desain eksperimen sebenarnya. Sumber data dikumpulkan melalui tes awal dan tes akhir. Metode pengumpulan data meliputi pengamatan, tes, dan angket respon. Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan weblog dalam proses pembelajaran berhasil dan dikategorikan sangat baik serta mendapat respon positif dari peserta didik. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dan analisis statistik melalui uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok. Artinya, pemanfaatan weblog efektif digunakan sebagai media pembelajaran alih wahana teks biografi ke puisi.
Kata Kunci: blog, alih wahana, menulis, biografi, puisi.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Abstract views: 86
,
PDF Downloads: 81