PENGGUNAAN KARTU DIGITAL BERGAMBAR (KADIBAR) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA AUTISME KELAS 7 DI SMPN 40 SURABAYA JAWA TIMUR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan kosakata siswa autisme menggunakan media kartu digital bergambar. Metode yang digunakan adalah Applied Behavior Analysis (ABA), yang menekankan pengamatan dan pengelolaan perilaku siswa untuk mendukung komunikasi yang lebih efektif. Kartu digital bergambar dipilih karena kemampuannya dalam membantu visualisasi (gambar, warna dan bentuk) untuk membantu siswa mempermudah dan mengingat kosakata. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam penguasaan kosakata siswa selama setiap siklus pembelajaran. Pada siklus pertama, dua siswa memperoleh nilai 90 dan 83, menunjukkan dampak positif dari penggunaan media ini. Pada siklus kedua, nilai siswa meningkat, dengan tiga siswa memperoleh nilai 96, 88, dan 82. Pada siklus ketiga, semua siswa mencapai pencapaian sangat baik dengan nilai 97, 91, 88, dan 80. Peningkatan nilai ini menunjukkan bahwa kartu digital bergambar sangat efektif dalam membantu siswa autisme memahami dan menguasai kosakata. Selain itu, respons positif dari siswa terlihat pada meningkatnya minat dan keterlibatan mereka dalam pembelajaran. Secara keseluruhan, penggunaan kartu digital bergambar terbukti efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa autisme, memberikan dampak positif pada hasil belajar mereka, serta meningkatkan respons siswa terhadap kemampuan menggunakan media pembelajaran semakin baik. Hal ini menunjukkan bahwa, media kartu digital bergambar dapat menjadi alat bantu menyampaikan materi yang efektif dalam mendukung proses pembelajaran bagi siswa autisme.
Kata Kunci: Media pembelajaran, kartu digital bergambar, penguasaan kosakata, siswa autisme, media digital
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

