PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DIGITAL TEMA WISATA SIDOARJO BERMUATAN PLURIKULTURAL BAGI PEMELAJAR BIPA LEVEL 1

Authors

  • Aisyah Nur Afni
  • Prima Vidya Asteria

Abstract

Terbatasnya modul pembelajaran bermuatan plurikultural dengan tema wisata kearifan lokal yang ada untuk mencegah terjadinya kesalapahaman budaya komunikasi dan interaksi bagi pemelajar asing merupakan maksud dari pengembangan modul pembelajaran BIPA supaya terus dikaji dan dikembangkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjabarkan proses pengembangan modul pembelajaran digital tema wisata Sidoarjo bermuatan plurikultural bagi pemelajar BIPA level 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Reasech and Development (R&D) dan model penelitian berupa analisis (Analyzis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation) atau ADDIE. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data campuran, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Subjek data penelitian ini ialah mahasiswa BIPA level 1 yang ada di Universitas Negeri Surabaya. Hasil dari proses pegembangan modul pembelajaran ini  1) analisis, meliputi penelitian dan pengumpulan informasi dengan teknik wawancara yang dilakukan kepada pengajar BIPA; 2) desain, pada tahap ini dilakukan dengan teknik ceklist yang dilakukan oleh peneliti untuk mencatat proses pengembangan modul pembelajaran BIPA; 3) pengembangan, dilakukan dengan teknik ceklis dan angket untuk memantau setiap langkah pembuatan, validasi, dan revisi modul pembelajaran sebelum diimplementasikan pada pemelajar BIPA; 4) implementasi, pada tahap ini dilakukan dengan teknik angket dan pelatihan soal kepada pemelajar BIPA level 1 untuk mendapatkan data keefektifan dan kepraktisan modul pembelajaran; serta 5) tahap evaluasi, dalam tahap ini dilakukan dengan teknik ceklist untuk mengevaluasi perincian setiap tahap pengembangan, penerapan, hingga revisi akhir modul pembelajaran. Kemudian, kualitas modul pembelajaran ini diukur dengan nilai kevalidan, keevektifan, dan kepraktisan diperoleh. Akumulasi nilai rata-rata modul pembelajaran tema wisata Sidoarjo bermuatan plurikultural ialah 93% yang dapat dinyataka layak digunakan.

Kata Kunci: plurikultural, BIPA, modul pembelajaran digital, kearifan lokal

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-28
Abstract views: 51 , PDF Downloads: 32