PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI AKM LITERASI BERBASIS GAME QUIZIZZ DI KELAS VIII SMPN 40 SURABAYA.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) literasi berbasis game Quizizz untuk siswa kelas VIII SMPN 40 Surabaya. Pengembangan instrumen ini didasari oleh kebutuhan akan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif guna meningkatkan kemampuan literasi siswa, yang merupakan salah satu aspek penting dalam Asesmen Nasional. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari 50 siswa kelas VIII. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, validasi ahli, dan hasil belajar siswa, kemudian dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen evaluasi yang dikembangkan memenuhi kriteria validitas tinggi, dengan hasil validasi ahli materi sebesar 100% dan validasi ahli bahasa sebesar 84%. Respon siswa terhadap penggunaan instrumen ini sangat positif, dengan persentase sebesar 82,6%. Selain itu, rata-rata efektivitas pembelajaran siswa dalam menyelesaikan soal AKM menggunakan Quizizz mencapai 68,2%, menunjukkan bahwa instrumen ini efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan instrumen evaluasi berbasis game Quizizz berhasil dan layak digunakan sebagai media pembelajaran interaktif. Media ini tidak hanya meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, tetapi juga menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan inovatif. Penggunaan Quizizz sebagai media evaluasi dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan mutu pendidikan, khususnya dalam aspek literasi siswa di jenjang sekolah menengah pertama.
Kata Kunci: Literasi, AKM, Quizizz, Pengembangan Instrumen, ADDIE
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

