PENGARUH MEDIA EDUKATIF SCRAPBOOK: BULIKKU (BUKU LIKA-LIKU) TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS TEKS PROSEDUR KELAS IX DI SMP NEGERI 29 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2024/2025
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks prosedur menggunakan media edukatif Scrapbook: Bulikku (Buku Lika-Liku) pada peserta didik di kelas IX SMP Negeri 29 Surabaya tahun pelajaran 2024/2025, 2) mendeskripsikan hasil belajar menulis teks prosedur peserta didik kelas IX di SMP Negeri 29 Surabaya tahun pelajaran 2024/2025 setelah menggunakan media edukatif Scrapbook: Bulikku (Buku Lika-Liku), dan 3) mendeskripsikan respons peserta didik kelas IX di SMP Negeri 29 Surabaya tahun pelajaran 2024/2025 setelah mengikuti pembelajaran menulis teks prosedur berbantuan media edukatif Scrapbook: Bulikku (Buku Lika-Liku). Menerapkan pendekatan penelitian kuantitatif melalui metode penelitian Quasi Experimental Design. Subjek penelitian ini peserta didik kelas IX di SMPN 29 Surabaya tahun pelajaran 2024/2025 dengan sampel peserta didik kelas IX-C sebagai kelas kontrol dan kelas IX-B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menerapkan observasi, tes, dan angket respons. Penelitian ini menunjukkan hasil observasi pada proses pembelajaran menulis teks prosedur menggunakan media Scrapbook: Bulikku berpengaruh dibuktikan dengan hasil persentase nilai observasi kegiatan peserta didik sebanyak 92,8% dan kegiatan pendidik sebanyak 99% tergolong sangat baik. Hasil tes penelitian ini menunjukkan peningkatan pada hasil belajar menulis teks prosedur setelah menggunakan media Scrapbook: Bulikku yang dibuktikan dengan hasil rata-rata kelas kontrol pada prates sebesar 71,5 dan postes sebesar 75,7, sedangkan hasil rata-rata kelas eksperimen prates sebesar 71,8 dan postes sebesar 88,9. Hasil perhitungan uji-t dengan db 48 pada taraf signifikansi 0,05% menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel yakni 7.594 > 1.677. Respons peserta didik menunjukkan respons positif dibuktikan rata-rata peserta didik yang memilih kriteria ‘Puas’ sebanyak 82,1%.
Kata Kunci: scrapbook, hasil belajar, menulis, teks prosedur.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

