PENGEMBANGAN BUKU AJAR MEMBACA DALAM CALISTUNG BAGI SISWA LAMBAT MEMBACA DI KELAS IV SD NEGERI 104 DESA KALIPADANG, KECAMATAN BENJENG, KABUPATEN GRESIK

Authors

  • Annisa Wulandari
  • Suyatno Suyatno

Abstract

Kemampuan membaca merupakan dasar penting dalam proses pembelajaran, tetapi masih banyak siswa sekolah dasar yang mengalami keterlambatan dalam menguasai kemampuan tersebut. Di SDN 104 Desa Kalipadang, Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik, hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa lima dari dua puluh siswa kelas IV mengalami kesulitan membaca dasar yang berdampak pada ketercapaian pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui pengembangan buku ajar membaca yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar membaca dalam pembelajaran calistung yang layak, efektif, dan praktis bagi siswa lambat membaca di kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Validasi oleh ahli materi, bahasa, dan desain menunjukkan bahwa buku ajar yang dikembangkan sangat layak dengan persentase skor masing-masing sebesar 94,28%, 90%, dan 91,42%. Hasil uji coba menunjukkan efektivitas produk melalui peningkatan kemampuan membaca siswa dari hasil pretest ke postest yang dibuktikan dengan hasil uji “t” sebesar 6,74. Buku ajar ini juga dinilai sangat praktis oleh guru dengan skor 88,89% dan mendapat respons sangat positif dari siswa sebesar 94,86%. Dengan demikian, buku ajar ini layak digunakan sebagai buku suplemen dalam pembelajaran calistung untuk siswa lambat membaca.
Kata Kunci: pengembangan buku ajar membaca, calistung, siswa lambat membaca, model ADDIE.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-16
Abstract views: 16 , PDF Downloads: 9