PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI CANVA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARAHAN ATAU TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 47 SURABAYA

Authors

  • Irsya Zakiyatul Fakhiroh
  • Prima Vidya Asteria

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan pengaruh penggunaan aplikasi Canva terhadap kemampuan menulis arahan atau teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 47 Surabaya, serta mengetahui respons siswa terhadap penggunaan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar siswa dalam menulis teks prosedur, yang disebabkan masih belum optimal dalam menggunakan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Penelitian ini menggunakan metode true experimental design dengan desain pretest-posttest control group. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan angket, dengan analisis data melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji-t menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Canva memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan menulis teks prosedur atau menulis arahan siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05), sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran juga menunjukkan kategori sangat baik dengan persentase 77,5%. Selain itu, respons siswa terhadap penggunaan Aplikasi Canva sangat positif, ditunjukkan melalui hasil angket yang mengindikasikan bahwa siswa merasa lebih mudah memahami materi, termotivasi, dan lebih kreatif dalam menyusun teks prosedur atau emnulis arahan. Dengan demikian, aplikasi Canva terbukti efektif sebagai media pembelajaran inovatif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur atau menulis arahan siswa.

Kata Kunci: Aplikasi Canva, menulis arahan atau teks prosedur, pembelajaran berbasis teknologi, media pembelajaran,

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-09
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0