BAHASA IMPERATIF PADA TEKS PROSEDUR KARYA SISWA KELAS XI-L 1 SMK NEGERI 1 JATIREJO MOJOKERTO

Authors

  • Bagas Surya Nata
  • Mukhzamilah Mukhzamilah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk penggunaan bahasa imperatif dalam teks prosedur hasil karya siswa kelas XI-L1 SMK Negeri 1 Jatirejo Mojokerto. Fokus kajian dalam penelitian ini meliputi tiga aspek utama, yaitu jenis-jenis bahasa imperatif, gaya bahasa imperatif, dan bentuk sintaksis kalimat imperatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data berupa tiga puluh teks prosedur yang disusun oleh siswa kelas XI-L1 SMK Negeri 1 Jatirejo Mojokerto. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, teknik baca, dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam aspek pertama, yaitu jenis-jenis kalimat imperatif, ditemukan sebanyak seratus lima puluh satu data. Jenis yang paling dominan adalah imperatif halus dengan jumlah seratus tiga puluh tiga data, disusul oleh imperatif ajakan sebanyak enam data, imperatif larangan sebanyak lima data, imperatif peringatan sebanyak tiga data, dan imperatif pembiaran sebanyak empat data. Tidak ditemukan penggunaan imperatif permintaan dalam teks yang dianalisis. Pada aspek kedua, yaitu gaya bahasa imperatif, ditemukan enam belas data. Gaya yang paling dominan adalah pleonasme dengan delapan data, kemudian aliterasi sebanyak tiga data, asindeton tiga data, dan polisindenton dua data. Pada aspek ketiga, yaitu bentuk sintaksis kalimat imperatif, ditemukan dua puluh lima data. Bentuk yang paling banyak digunakan adalah kalimat lengkap berpredikat verbal transitif atau taktransitif sebanyak sepuluh data, kemudian kalimat yang dimarkahi oleh kata tugas modalitas sebanyak delapan data, dan kalimat berpredikat taktransitif tanpa objek sebanyak tujuh data. Kemampuan ini mencerminkan penguasaan siswa terhadap karakteristik teks prosedur yang komunikatif, sistematis, dan santun.

Kata Kunci: bahasa imperatif, prosedur, jenis, gaya bahasa, sintaksis

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-13
Abstract views: 14 , PDF Downloads: 8