IMPLEMENTASI MEDIA FILM TOKOH INSPIRATIF DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BIOGRAFI PADA PESERTA DIDIK KELAS X-5 SMA NEGERI 1 CERME GRESIK

Authors

  • Fina Nisa’atul Asnah
  • Trinil Dwi Turistiani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan implementasi media film tokoh inspiratif dalam pembelajaran menulis teks biografi pada peserta didik kelas X-5 di SMA Negeri 1 Cerme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan subjek penelitian sebanyak 36 peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi terkait aktivitas peserta didik dan pendidik, tes berupa pretest dan posttest, dan angket respons peserta didik terhadap penerapan media film. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media film "Jokowi" dalam pembelajaran menulis teks biografi telah terlaksana dengan baik, dengan persentase hasil observasi peserta didik sebesar 96,88% dan hasil observasi pendidik sebesar 97,92%. Kedua persentase tersebut masuk dalam kategori “Sangat Baik”. Dengan begitu, aktivitas peserta didik pada saat pembelajaran dinilai cukup aktif dan pendidik mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai sintaks PJBL. Selain itu, terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan menulis peserta didik, dengan rata-rata nilai pretest sebesar 70,36 dan rata-rata nilai posttest mencapai 91. Respons peserta didik terhadap pembelajaran juga menunjukkan hasil yang positif. Sekitar 86% peserta didik merasa bahwa penggunaan media film membuat proses belajar lebih menyenangkan dan membantu mereka memahami materi dengan lebih baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media film tokoh inspiratif dinilai cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks biografi dan dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia.

Kata Kunci: media film, tokoh inspiratif, pembelajaran, menulis, teks biografi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-23
Abstract views: 14 , PDF Downloads: 6