PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PESERTA DIDIK KELAS XI MA BAHAUDDIN SIDOARJO

Authors

  • Umi Lailatul Maghfiroh Al Aziz
  • Mintowati Mintowati

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan ada pengaruh dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan media sosial Tiktok pada materi teks berita kelas XI MA Bahauddin Sidoarjo. Penerapan pembelajaran menggunakan media sosial Tiktok yaitu kelas kontrol penyampaian pembelajaran menggunakan powerpoint sedangkan kelas eksperimen menggunakan media sosial Tiktok. Jenis penelitian menggunakan eksperimen sejati dengan bentuk true experimental design dalam rancangan penelitian two group pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen XI IPA dan Kelas kontrol XI IPS. Pengumpulan data pada penelitian menggunakan lembar observasi peserta didik dan pendidik, lembar pretest - posttest, dan lembar respons peserta didik. Hasil penelitian lembar observasi dari peserta didik dan pendidik dari kelas eksperimen dan kontrol memiliki presentase sangat baik. Hasil analisis kemampuan menulis teks berita mengalami peningkatan pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest sebesar 65,7 dan posttest sebesar 72,5 sedangkan kelas eksperimen nilai rata-rata pretest sebesar 68,8 dan posttest sebesar 78,8. Hasil perhitungan uji-t dengan db=45 pada taraf signifikansi 0,05% menunjukkan thitung lebih besar ttabel yakni 2.295> 1.679. Hasil respons peserta didik kelas eksperimen menunjukkan respons yang baik dalam kemampuan menulis teks berita menggunakan media sosial Tiktok memiliki persentase baik. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media sosial Tiktok terhadap kemampuan menulis teks berita pada peserta didik kelas XI MA Bahauddin Sidoarjo.

Kata kunci: Pengaruh, menulis teks berita, media sosial Tiktok

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-23
Abstract views: 73 , PDF Downloads: 83