KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN PUISI TENGSOE TJAHJONO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN GAYA BAHASA PUISI PESERTA DIDIK KELAS 11 SMKN 2 LAMONGAN
Abstract
Sebagai mata pelajaran wajib di tingkat sekolah, Bahasa Indonesia memiliki andil dalam terciptanya generasi yang terdidik dan berkarakter. Melalui karya sastra khususnya puisi peserta didik bisa mendapatkan pendidikan akademis dan pendidikan karakter sekaligus. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada pemanfaatan puisi sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap gaya bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi keefektifan penggunaan puisi karya Tengsoe Tjahjono dalam meningkatkan pemahaman gaya bahasa puisi di kalangan peserta didik kelas 11 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dengan menggunakan pre-test dan post-test, ditemukan pemahaman peserta didik pada sebelum dan sesudah penggunaan puisi Tengsoe Tjahjono dalam pembelajaran gaya bahasa puisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam pemahaman peserta didik terhadap gaya bahasa puisi setelah pemanfaatan puisi Tengsoe Tjahjono dalam proses pembelajaran. Rata-rata nilai peserta didik mengalami peningkatan menjadi 79,13 setelah penggunaan puisi Tengsoe Tjahjono dalam proses pembelajaran. Selain itu, tingkat ketercapaian dalam lembar pengamatan mencapai 92,10%, yang menunjukkan antusiasme dan keterlibatan aktif peserta didik dalam proses pembelajaran. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan puisi sebagai media pembelajaran tidak hanya efektif dalam meningkatkan pemahaman gaya bahasa, tetapi juga dapat mendorong peserta didik untuk lebih aktif dan kreatif dalam mengapresiasi karya sastra. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan peserta didik serta metode pengajaran sastra di sekolah.
Kata Kunci: puisi, gaya bahasa, peserta didik.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

