PENGARUH PENERAPAN MODEL RADEC (READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, AND CREATE) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 47 SURABAYA

Authors

  • Aisyah Kusuma Wati
  • Bambang Yulianto

Abstract

Pada pembelajaran abad ke 21 khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia, siswa harus menguasai keterampilan berbahasa salah satunya adalah keterampilan menulis. Pada kemampuan menulis saat berada di kelas, terdapat menulis teks ulasan yang mengharuskan guru menerapkan model yang cocok agar pembelajaran di kelas berlangsung secara interaktif dan kondusif. Model pembelajaran RADEC cocok untuk diterapkan karena melatih siswa memiliki kemampuan belajar tingkat tinggi yang dapat belajar secara individu maupun berkelompok. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan model RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create) terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VII SMP Negeri 47 Surabaya. Menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian eksperimen yang nantinya akan menggunakan desain two group pretest and posttest control group design dengan kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan VII E sebagai kelas kontrol. Ditemukan hasil penelitian yakni pada saat pretes kedua kelas mendapatkan rata-rata nilai yang masih berada di bawah rata-rata. Sedangkan setelah adanya treatment kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 81,2 lebih tinggi dari kelas kontrol yang mendapatkan nilai rata-rata 70,3. Hasil uji hipotesis juga menerangkan bahwa t-hitung 5,384 > t tabel 1,670, yang menunjukkan bahwa H1 atau hipotesis diterima. Selanjutnya pada tes terakhir, analisis korelasi product moment juga mendapat hasil r 0,60 yang berinterpretasI kuat membuktikan bahwa terdapat korelasi kuat antara variabel 1 penerapan model RADEC terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa.

Kata Kunci: RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create), kemampuan menulis, teks ulasan, penelitian eksperimen.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-29
Abstract views: 4 , PDF Downloads: 2