KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND ROBIN BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERDISKUSI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 20 SURABAYA

Authors

  • Aisya Rizkha Amelia
  • Fafi Inayatillah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin Brainstorming dalam meningkatkan keterampilan berdiskusi pada peserta didik, 2) efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin Brainstorming dalam meningkatkan keterampilan berdiskusi pada peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain eksperimen murni (True Experimental Design) sebagai kerangka metodologinya. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 20 Surabaya dan sampel penelitian ini mencakup dua kelas yaitu kelas VIII E yang terdiri atas 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen serta kelas VIII F terdiri atas 30 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi melalui performa diskusi dan dokumentasi. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin Brainstorming dalam meningkatkan keterampilan berdiskusi pada peserta didik berjalan dengan baik dibuktikan dengan hasil persentase observasi aktivitas peserta didik sebesar 100%. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin Brainstorming pada keterampilan berdiskusi mengalami peningkatan. Efektivitas tersebut dibuktikan melalui perbandingan nilai rata-rata pretest dan posttest. Nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 69,60 dan posttest 81,97. Rata-rata pretest kelas eksperimen setelah menggunakan model pembelajaran tersebut sebesar 74,93 dan posttest 87,60. Kedua kelas tersebut mengalami peningkatan nilai antara pretest dan posttest, tetapi peningkatan rata-rata nilai kelas eksperimen terjadi lebih besar. Hasil Uji-T diperoleh (18,176 > 2,045) dan (13,32 > 2,045) menunjukkan t0>ttabel. Dengan demikian terdapat pengaruh dari efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin Brainstorming untuk meningkatkan keterampilan berdiskusi pada peserta didik kelas eksperimen.

Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin Brainstorming, meningkatkan, keterampilan berdiskusi.             

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-30
Abstract views: 44 , PDF Downloads: 57