PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS RESENSI: STUDI KASUS SISWA SMA HANG TUAH 4 SURABAYA KELAS XI-3A TAHUN AJARAN 2024/2025

Authors

  • Iffah Rofifah
  • Heny Subandiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh durasi penggunaan media sosial terhadap kemampuan menulis teks resensi pada siswa kelas XI-3A SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Latar belakang dari penelitian ini berangkat dari fenomena meningkatnya penggunaan media sosial di kalangan remaja yang dikhawatirkan berdampak pada penurunan minat dan kualitas keterampilan menulis, khususnya dalam penulisan teks resensi yang menuntut kemampuan berpikir kritis dan sistematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif untuk menggambarkan hubungan antara durasi penggunaan media sosial dan kemampuan menulis siswa. Data dikumpulkan melalui dua instrumen, yaitu angket untuk mengetahui durasi harian penggunaan media sosial dan tes tulis untuk mengukur kemampuan siswa dalam menulis teks resensi. Tes menulis dievaluasi berdasarkan struktur, isi, kebahasaan, dan ketepatan penggunaan unsur-unsur resensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki durasi penggunaan media sosial yang cukup tinggi, yakni lebih dari 4 jam per hari. Sementara itu, kemampuan menulis teks resensi siswa cenderung bervariasi, dengan sebagian menunjukkan kelemahan dalam penyampaian opini dan analisis terhadap objek yang diresensi. Temuan ini menunjukkan adanya kecenderungan bahwa semakin tinggi durasi penggunaan media sosial, semakin rendah kualitas kemampuan menulis resensi. Oleh karena itu, perlu adanya kesadaran dan pengelolaan waktu yang lebih baik agar media sosial tidak mengganggu pengembangan keterampilan literasi siswa.

Kata Kunci: durasi media sosial, kemampuan menulis, teks resensi, siswa SMA, kuantitatif deskriptif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-11-20
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0