PENGGUNAAN MEDIA LUMI EDUCATION PADA MATERI MENGANALISIS UNSUR FISIK PUISI KELAS XI SMAS IPIEMS SURABAYA

Authors

  • Rizky Fajar Assobakh
  • Syamsul Sodiq

Abstract

Rasa bosan dan kurang fokus terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi latar belakang penelitian ini. Dibutuhkan media yang dapat menyampaikan materi secara interaktif dan inovatif bagi peserta didik untuk mendapatkan rasa tertarik dan fokus peserta didik terhadap pembelajaran. Dengan demikian, penerapan Lumi Education sebagai media pembelajaran menganalisis unsur fisik puisi menjadi jawaban dari permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan (1)Pengggunaan media ajar Lumi Education pada pembelajaran menganalisis unsur fisik puisi kelas XI; (2)Hasil belajar peserta didik ketika menggunakan Lumi Education sebagai media ajar pembelajaran menganalisis unsur fisik puisi kelas XI; dan (3)Respon peserta didik terhadap penggunaan Lumi Education sebagai media ajar pembelajaran menganalisis unsur fisik puisi kelas XI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI-M3 SMAS IPIEMS Surabaya. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, dan lembar angket. Penelitian ini menghasilkan bahwa penggunaan Lumi Education dalam pembelajaran menganalisis unsur fisik terlaksana secara terstruktur berdasarkan perolehan aktivitas pendidik mencapai persentase 95,83% dan aktivitas peserta didik mencapai 93,75%. Hasil belajar peserta didik mencapai di atas rata-rata yang ditetapkan oleh sekolah penelitian, yaitu memperoleh rata-rata nilai 84.5 dengan interpretasi sangat baik. Respon peserta didik menunjukkan sebanyak tujuh aspek respon peserta didik mendapatkan respon positif dengan persentase 93,3%, dua aspek mencapai 90%, satu aspek mencapai 80%, dan dua aspek mencapai 76,7%.

Kata Kunci: Lumi Education, penerapan, unsur fisik puisi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-11-20
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0