VALIDITAS LKS BERBASIS STRATEGI METAKOGNITIF PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN KELAS X SMA

  • ANILIA RUSTINININGSIH

Abstract

Lembar Kegiatan Siswa (LKS) digunakan untuk membantu siswa dalam menyelesaikan tugas dengan mudah. Pengembangan LKS berdasarkan syarat tertentu yaitu LKS yang dikembangkan memenuhi kompetensi dasar yang akan dicapai dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan teoritis LKS berbasis strategi metakognitif pada materi dunia tumbuhan. Penilaian LKS dilakukan dengan metode validasi, yaitu penilaian berdasarkan syarat LKS yang baik dan menyesuaikan karakteristik strategi metakognitif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan metode validasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan 94,30% LKS berbasis strategi metakognitif layak secara teoritis dengan 90% siswa merespon positif.

 

Kata Kunci: Validitas, LKS berbasis strategi metakognitif, Dunia tumbuhan

Published
2015-02-05
Section
Articles
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 46