KELAYAKAN TEORETIS LKS INVERTEBRATA TANAH DENGAN PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI DUNIA HEWAN KELAS X

  • EFRINA SILVILIA SANTOSO

Abstract

Lembar Kegiatan Siswa (LKS) merupakan salah satu bahan ajar yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Untuk menunjang kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013, diperlukan suatu LKS yang sesuai, salah satunya yaitu LKS dengan pendekatan ilmiah (Scientific Approach) yang memuat lima kegiatan pokok belajar siswa yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan.  Berdasarkan uraian tersebut, dilakukan suatu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan teoretis LKS Invertebrata Tanah dengan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) pada Materi Dunia Hewan Kelas X yang ditinjau dari hasil validasi ahli dan guru Biologi. Lembar kegiatan Siswa dikembangkan dengan model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Namun namun tahap dissemiate tidak dilakukan. Data yang didapatkan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil validasi memperoleh rata-rata nilai sebesar 94,65% yang menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan sangat layak secara teoretis.

Kata Kunci: Kelayakan Teoretis, LKS, Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach), Invertebrata tanah

Published
2015-02-05
Section
Articles
Abstract Views: 97
PDF Downloads: 114