PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERORIENTASI PROBLEM SOLVING LEARNING MATERI HEREDITAS PADA MANUSIA

  • ERLITA IZZATUNNISA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar berorientasi problem solving learning serta mendeskripsikan kelayakan buku ajar secara teoritis dan empiris. Penelitian ini dilakukan menggunakan model 4D (define, design, develop, dan disseminate) dan dibatasi sampai tahap develop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar dinyatakan layak secara teoritis dengan skor rata-rata sebesar 3,92 (sangat layak); layak secara empiris dengan persentase keterlaksanaan pembelajaran 100% (sangat layak), skor rata-rata aktivitas siswa sebesar 3,91 (sangat baik); persentase sikap spiritual siswa sebesar (KI-1) 99% (sangat baik), skor rata-rata sikap sosial siswa (KI-2) sebesar 3,87 (sangat baik); dan persentase respon positif siswa 98,9% (sangat layak).

Kata Kunci: buku ajar , problem solving learning, hereditas pada manusia.

Published
2015-02-05
Section
Articles
Abstract Views: 137
PDF Downloads: 154