ANALISIS BUTIR TES DIAGNOSTIK UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SEL

  • KHOLISHOTUL FUADAH

Abstract

Siswa yang mengalami miskonsepsi menyebabkan kesulitan dalam belajar, sehingga perlu mendapatkan bantuan yang efektif agar kesulitan dapat segera teratasi. Oleh karena itu dikembangkan tes diagnostik untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa SMA pada materi sel. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan tes diagnostik untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa SMA pada materi sel dan mendeskripsikan validitas empirisnya. Prosedur penelitian ini meliputi menyusun spesifikasi tes, menulis soal tes, menelaah soal tes, melakukan uji coba tes, menganalisis butir tes, dan memperbaiki tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes diagnostik untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi sel mendapat koefisien reliabilitas sebesar 0,6 yang termasuk kategori cukup, 80,95% butir tes sensitif, dan 90,63% butir tes pilihan ganda memiliki distraktor yang baik.

Kata Kunci: analisis, tes diagnostik, miskonsepsi, sel.

Published
2015-02-05
Section
Articles
Abstract Views: 278
PDF Downloads: 109