PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERORIENTASI PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI INVERTEBRATA KELAS X SMA

  • LUKI MAHARANI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar yang layak digunakan, mendeskripsikan validitas buku berdasarkan hasil validasi, mendeskripsikan kepraktisan buku ajar berdasarkan aktivitas siswa dan mendeskripsikan keefektifan buku ajar berdasarkan respons siswa dan hasil belajar siswa. Pengumpulan data menggunakan metode validasi, observasi, tes, angket dan dokumentasi, kemudian data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa hasil validasi menunjukkan persentase sebesar 95,44% (sangat layak). Kepraktisan ditinjau dari persentase rata-rata aktivitas siswa sebesar 97,32% (sangat layak). Keefektifan ditinjau dari ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 81,25% (sangat layak) dan respons siswa sebesar 95,44% (sangat layak).

Kata kunci: Buku ajar, materi Invertebrata, Problem based learning

Published
2015-02-05
Section
Articles
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 94