KELAYAKAN TEORITIS LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KONSTRUKTIVISMEPADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA

  • PUTRI ENIZS WAHYU RUKMANA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis konstruktivisme yang layak secara teoritis berdasarkan hasil telaah kelayakan LKS. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran), namun pada tahap disseminate tidak dilakukan. Kegiatan pengembangan dilakukan di Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Surabaya. Selanjutnya tahap uji coba terbatas dilaksanakan pada bulan Juli 2014 di SMAN 2 Sidoarjo pada 12 siswa Kelas X. Pengumpulan data menggunakan metode telaah, metode tes, metode observasi, dan metode angket kemudian data dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis diketahui LKS berbasis konstruktivisme pada materi ekosistem untuk kelas X SMA dinyatakan layak secara teoritis dengan persentase kelayakan LKS sebesar 97,05%.

Kata kunci: lembar kerja siswa,  konstruktivisme, materi ekosistem

Published
2015-02-05
Section
Articles
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 42