ANALISIS KOMPARASI NILAI SIKAP DAN PENGETAHUAN MENGGUNAKAN (AUTHENTIC-TRADITIONAL ASSESSMENT TEST (ATA TEST) DENGAN PENILAIAN GURU PADA MATERI EKOLOGI KELAS X SMA NEGERI DI KABUPATEN MAGETAN

  • ROYAN MAHMUD MUSTHOFA

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah terdapat perbedaan antara nilai sikap dan nilai pengetahuan menggunakan Authentic-Traditional Assessment Test (ATA Test) dengan penilaian guru pada materi Ekologi kelas X SMA Kurikulum 2013 serta untuk mengetahui reliabilitas atau keajegan instrumen penilaian tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparasi dengan menggunakan statistik uji-t dengan parameter nilai sikap dan pengetahuan dari guru dan dari tes. Subyek uji coba dari penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Magetan dan 1 Maospati sejumlah 203 siswa. Teknik analisis statistik uji-t digunakan untuk membandingkan antara nilai sikap dan pengetahuan yang didapat melalui penerapan ATA Test dibandingkan dengan penilaian guru sedangkan reliabilitas dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai sikap dan nilai pengetahuan menggunakan ATA Test dengan penilaian guru pada materi Ekologi kelas X SMA Kurikulum 2013 dan instrumen tersebut dinyatakan belum reliabel dalam mengases kompetensi siswa sehingga belum dapat diterapkan untuk membantu guru menilai ketercapaian kompetensi sikap dan pengetahuan siswa berdasarkan Kurikulum 2013.

Kata kunci : kurikulum 2013, nilai sikap, nilai pengetahuan, ATA Test, komparasi

Published
2015-02-05
Section
Articles
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 95