PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI SMA NEGERI 1 GEDANGAN SIDOARJO

  • WIDYANINGTYAS TRIHARTANTI

Abstract

Penekanan proses pembelajaran pada Kurikulum 2013 yaitu dengan menggunakan pendekatan saintifik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah penerapan pendekatan saintifik pada materi dunia tumbuhan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Rancangan penelitian menggunakan desain “one group pre-test-post-test design”. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo tahun ajaran 2013/2014. Sampel penelitian adalah kelas X IPA 6 sebanyak 34 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik pada hasil belajar pengetahuan tidak terdapat beda yang ditandai dengan hasil uji z yang menunjukkan bahwa nilai P > α dengan P sebesar 0,90. Hasil tersebut mengacu pada hasil belajar siswa dengan indikator mendeskripsikan ciri-ciri tumbuhan Angiospermae, mengidentifikasi tumbuhan Angiospermae, mengklasifikasikan tumbuhan Angiospermae, dan menjelaskan peranan tumbuhan dalam kehidupan di bumi. Pada hasil belajar keterampilan, nilai P < α, dengan P sebesar 0 yang menunjukkan bahwa terdapat beda pada hasil belajar setelah penerapan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Indikator pada hasil belajar keterampilan mengacu pada mengkomunikasikan hasil tugas dalam bentuk laporan tertulis.

Kata Kunci: pendekatan saintifik, hasil belajar, dunia tumbuhan

Published
2015-02-05
Section
Articles
Abstract Views: 358
PDF Downloads: 382