VALIDITAS LKS BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN

  • PUTRI RIZKIYAH

Abstract

Proses pembelajaran yang dikehendaki sesuai Kurikulum 2013 adalah pola pembelajaran yang berpusat pada siswa. Salah satu cara membuat siswa lebih aktif selama proses pembelajaran pada materi Sistem Pencernaan adalah menggunakan metode bermain peran. Untuk membantu siswa belajar melalui kegiatan bermain peran diperlukan LKS. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan LKS bermain peran pada materi Sistem Pencernaan yang valid. Penelitian yang dilakukan mengacu pada model pengembangan     4-D, namun penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop. Validitas LKS ditentukan berdasarkan hasil validasi LKS yang memperoleh skor sebesar ≥3,97 yang termasuk kategori sangat valid. Dengan demikian, LKS yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan validitasnya.

Kata kunci: Validitas, LKS, bermain peran, dan Sistem Pencernaan.

Published
2015-02-06
Section
Articles
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 80