EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA PAPAN MAGNETIK KARIOTIPE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KELAS XII

  • ALIFATUS SETYORINI

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas penerapan media papan magnetik kariotipe sebagai media pembelajaran kelas XII berdasarkan keterlaksanaan proses pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respons siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keterlaksanaan pembelajaran pertemuan I dan II di kelas XII IPA 4 dan XII IPA 5 mendapatkan persentase sebesar 90,9 % dan 100%. Aktivitas siswa pada pertemuan I dan II kelas XII IPA 4 mendapatkan rata-rata keseluruhan sebesar 92,67% dan 94,33%, sedangkan pada kelas XII IPA 5 mendapatkan rata-rata keseluruhan sebesar 93% dan 96,67%. Hasil belajar pada kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi kognitif dan kompetensi keterampilan pada kelas XII IPA 4 mendapatkan persentase sebesar 98%, 99%, 81,81%, dan 90, sedangkan pada kelas XII IPA 5 mendapatkan persentase sebesar 98%, 99%, 73%, dan 84%. Respons siswa kelas XII IPA 4 dan XII IPA 5 mendapatkan rata-rata persentase sebesar 92% dan 93%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan media papan magnetik kariotipe sebagai media pembelajaran efektif diterapkan sebagai media pembelajaran kelas XII. Kata kunci : efektivitas, media pembelajaran, media papan magnetik kariotipe, mutasi kromosom
Published
2015-06-20
Section
Articles
Abstract Views: 265
PDF Downloads: 375