PENGEMBANGAN LKS DENGAN STRATEGI MOTIVASI ARCS DI SMA (MATERI SISTEM KOORDINASI)

  • MINSYAATUL MAWADDAH

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKS dengan strategi ARCS yang layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada materi sistem koordinasi. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D (four D) tanpa disseminate. LKS diuji coba kepada 30 siswa SMA menggunakan one group pretest-posttest design. Hasil penelitian, kelayakan LKS ditinjau dari segi validitas, mendapatkan kategori sangat valid (3.33-4). Hasil belajar siswa 100% meningkat, dengan rata-rata N-gain 0.53. Respon positif siswa sangat baik (94.87%). Simpulan penelitian, LKS dengan strategi ARCS yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran biologi dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: penelitian pengembangan, LKS, ARCS, sistem koordinasi
Published
2015-06-20
Section
Articles
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 78