PENGEMBANGAN BUKU IDENTIFIKASI AVES KOLEKSI KEBUN BINATANG SURABAYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK SMA KELAS X

  • LAILA ISTIGHFAROH

Abstract

Abstrak

Kebun Binatang Surabaya merupakan salah satu kawasan rekreasi dan edukasi yang berpotensi untuk dijadikan sebagai sumber belajar dalam mempelajari Aves. Buku identifikasi merupakan salah satu bentuk sumber belajar yang dapat digunakan untuk mengajarkan materi Aves. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku identifikasi; mendeskripsikan validitas buku identifikasi berdasarkan validasi ahli serta mendeskripsikan kepraktisan buku identifikasi ditinjau dari aktivitas siswa serta respons siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data yang dihasilkan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Tahap Pengembangan dilaksanakan di Jurusan Biologi selanjutnya diujicobakan secara terbatas kepada 16 siswa SMAN Kesamben Jombang. Hasil validasi berdasarkan aspek isi, penyajiian dan kebahasaan buku identifikasi dinyatakan sangat valid dengan nilai validitas sebesar 3,93. Buku identifikasi Aves praktis untuk digunakan dalam pembelajaran berdasarkan aktivitas siswa dan respons siswa. 

Kata kunci: Buku identifikasi Aves, Kebun Binatang Surabaya, sumber belajar

 

 

Abstract

Surabaya Zoo is one of recreation and education area that has the potential to be served as a learning resource in learning Aves. Identification book is example of learning resources which can be used to learn Aves. This research aimed to produce identification book of Aves, describe the validity of the identification book based of validation expert, describe practicality identification book based of student activities and students responses. This research was a research and development which is referred to ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data analyzed by quantitative descriptive method. Development activities were conducted in the Department of Biology. The implementation involved 16 students grade X Senior High School of Kesamben Jombang. The results showed that identification book was very valid based on the content, presentation and language with values ​​of feasibility were 3.93 respectively. Identification book and student worksheet practically for learning biology based on student activity and student’s responses.

 

Key words: Identification book, Surabaya Zoo, Aves, learning resource

Published
2015-11-02
Section
Articles
Abstract Views: 413
PDF Downloads: 520