KELAYAKAN TEORITIS LEMBAR KEGIATAN SISWA UJI AMILUM HASIL FOTOSINTESIS UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES TERINTEGRASI

  • NABELA UMAYA ZURAIDA

Abstract

Abstrak

Penggunaan LKS dalam proses pembelajaran dapat membantu siswa dalam memahami konsep, karena dapat meringkas materi melalui kegiatan dalam LKS tersebut. LKS praktikum sesuai untuk materi uji amilum dengan pemanfaatan tumbuhan dari lingkungan sekitar sebagai bahan praktikum untuk melatihkan keterampilan proses siswa. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menentukan bahan praktikum dari pemanfaatan tumbuhan lingkungan sekitar dan penyusunan LKS praktikum uji amilum yang layak dari segi teoritis. Prosedur penelitian ini dimulai dari tahap ekplorasi untuk memilih bahan praktikum dari pemanfaatan tumbuhan di lingkungan sekitar sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan, dan pengembangan LKS yang menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate, akan tetapi penelitian ini hanya sampai tahap develop. Kelayakan teoritis bahan praktikum dan LKS ditentukan berdasarkan hasil telaah para ahli. Berdasarkan kelayakan teoritis bahan praktikum dan LKS mendapatkan rerata skor total 3,68, maka bahan praktikum dan LKS ini dikategorikan sangat layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: kelayakan teoritis, LKS, uji amilum, fotosintesis, keterampilan proses

 

 

Abstract

Implementation of student sheet activities in the learning process can facilitate students to understand the concepts, because it can shorten the material through activity in the student sheet activities. Student sheet activities is suitable for starch test with plants utilization at surrounding environment as the practicum material to facilitate students process skills. The research aims to determine practicum materials from plant utilization environment and produced practicum student sheet activities of starch test that worthy from theoretical terms. The procedure of the research was started from exploration phase to choosing practicum materials of plants utilization in the surrounding environment in accordance with the established criteria, and the development of student sheet activities that use 4D model, consist of four stages: define, design, develop, and disseminate, but this research was only did till develop stage. The theoretical feasibility of practicum materials and student sheet activities are determined based on the review of the experts. Based on the theoretical feasibility of practicum materials and student sheet activities get total mean score of 3,68. The practicum materials and student sheet activities is categorized as very feasible and can be used in the learning process.

Keyword: theoretical feasibility, student sheet activities, starch test, photosynthesis, science process skills

Published
2015-11-03
Section
Articles
Abstract Views: 685
PDF Downloads: 2078