PENGEMBANGAN ATLAS KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN: EUPHORBIALES, MYRTALES, DAN SOLANALES SEBAGAI SARANA IDENTIFIKASI
Abstract
Abstrak
Atlas biologi merupakan kumpulan gambar-gambar lengkap yang disertai dengan deskripsi setiap jenis tumbuhan yang dikaji di dalamnya. Guru memerlukan sarana identifikasi untuk menunjang pembelajaran materi pelajaran terkait botani. Sarana identifikasi yang tersedia selama ini masih menggunakan istilah yang sulit dipahami dan memiliki sedikit ilustrasi gambar. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan atlas keanekaragaman tumbuhan ordo Euphorbiales, Myrtales, dan Solanales yang layak secara teoretis dan empiris. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model instruksional Fenrich. Kelayakan teoretis atlas memperoleh persentase nilai sebesar 100% dengan interpretasi sangat layak. Kelayakan empiris atlas memperoleh persentase nilai masing-masing sebesar 97,14% dan 96,81%.
Kata kunci: atlas, keanekaragaman tumbuhan, sarana identifikasi
Abstract
Atlas biology is a collection of images complete accompanied by description of each type of plants that were examined there. Teachers need a means of identification to support learning material of botany. A means of identification available during this is still using the term that elusive with little illustration picture. The purpose of this research is to produce plant diversity atlas of order Euphorbiales, Myrtales, and Solanales that proper theoretically and empirical. This research was the development research of which refers to Fenrich instructional model. Theoretical feasibility atlas obtain the percentage value of 100% with very worthy interpretation. Empirical feasibility atlas obtain the percentage of the value of each of the 97,14% and 96,81%.
Keywords: atlas, plant diversity, means of identification
PDF Downloads: 462