KELAYAKAN PERANGKAT PENILAIAN MATERI EKOLOGI YANG SESUAI DENGAN TAGIHAN KURIKULUM 2013

  • MAYA FEBRIANA

Abstract

       Penilaian sangat penting untuk mengetahui tingkat kompetensi peserta didik. Implementasi penilaian kurikulum 2013 tidak hanya dari segi pengetahuan saja, akan tetapi juga dari segi sikap dan keterampilan. Kurikulum 2013 mempersyaratkan penilaian otentik (penilaian tugas, observasi sikap, dan portofolio) selain itu juga penilaian non-otentik (penilaian tes). Berdasarkan wawancara dengan guru Biologi SMA kelas X di SMAN 3, SMAN 8, dan SMAN 19 Surabaya menyatakan bahwa guru merasa kesulitan dalam membuat rubrik penilaian dan melakukan proses penilaian pada materi Ekologi yang sesuai dengan tagihan penilaian Kurikulum 2013 dikarenakan materi yang disampaikan banyak dan waktu tatap muka terhitung singkat. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat penilaian pada materi Ekologi yang sesuai dengan penilaian Kurikulum 2013. Jenis penelitian yang dilakukan yakni penelitian pengembangan. Model pengembangan perangkat menggunakan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) namun disseminate tidak dilakukan. Pembuatan perangkat dilakukan pada bulan Agustus 2015 – Januari 2016 di Jurusan Biologi. Validasi instrumen penilaian ditinjau dari aspek materi, bahasa, dan konstruksi menggunakan lembar validasi. Perangkat penilaian yang dikembangkan dan dihasilkan berupa penilaian sikap (sosial dan spiritual), pengetahuan, dan keterampilan. Kelayakan perangkat penilaian ditentukan berdasarkan hasil validasi dari dua dosen penilaian. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Berdasarkan hasil validasi menunjukan bahwa perangkat penilaian pada materi Ekologi dinyatakan layak dengan persentase 83,61 %.

Published
2016-03-03
Section
Articles
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 70