PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERORIENTASI MODEL LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI EKOSISTEM

  • INDRYA SETYA SARI

Abstract

Model Learning cycle 5E merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dan aktif. Model Learning cycle 5E terdiri dari tahap Engagement, Exploration, Explanation, Extend and apply, dan Evaluation. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan LKS berorientasi model Learning cycle 5E pada materi ekosistem yang layak secara teoritis dan empiris, 2) mendeskripsikan validitas kelayakan LKS yang dikembangkan. Rancangan penelitian menggunakan pengembangan perangkat  4-D, namun hanya terbatas pada tahap
Develop. Sasaran dalam penelitian ini ialah LKS berorientasi
an menggunakan pendekatan kompetensi, dan berlandaskan aktivitas serta kemampuan berpikir peserta didik (student activity and thinking skill) (Mulyasa, 2007). Model pembelajaran Learning cycle 5E mengacu pada pendekatan konstruktivis dan berlandaskan aktivitas serta kemampuan berpikir peserta didik. Model Learning cycle 5E terdiri dari tahap Engagement (pembangkitan minat), Exploration (eksplorasi), Explanation (penjelasan), Extend and apply (elaborasi) dan Evaluation (evaluasi).

Published
2013-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 87