PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) INKUIRI BERBASIS BERPIKIR KRITIS PADA MATERI DAUR BIOGEOKIMIA KELAS X

  • SAVITRI HERDIANAWATI

Abstract

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan menyebutkan bahwa standar lulusan untuk SMA-MA diharapkan dapat memiliki beberapa keterampilan yakni meliputi keterampilan mengamati, mengajukan hipotesis, menggunakan alat dan bahan secara baik dan benar dengan selalu mempertimbangkan keamanan dan keselamatan kerja, mengajukan pertanyaan, menggolongkan dan menafsirkan data, untuk menguji gagasan-gagasan atau memecahkan masalah sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk  1) Menghasilkan LKS inkuiri berbasis berpikir kritis pada materi daur biogeokimia kelas X SMA yang layak digunakan. 2) Mendeskripsikan validitas kelayakan teoritis. Rancangan penelitian ini menggunakan pengembangan perangkat 4-D (define, design, develop, disseminate), tetapi hanya terbatas pada tahap develop. Parameter kelayakan LKS ditinjau dari hasil validasi. Kelayakan LKS ditunjukkan apabila nilai kelayakan LKS ≥ 71%. Sasaran dalam penelitian ini adalah LKS inkuiri berbasis berpikir kritis pada materi daur biogeokimia yang diujicobakan pada siswa SMA Negeri 1 Bangsal sebanyak 20 anak. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 1) LKS yang dihasilkan layak digunakan. 2) hasil kelayakan validasi LKS 1 sebesar 93,75% dengan kategori sangat layak dan hasil kelayakan validasi LKS 2 sebesar 94% dengan kategori sangat layak

Kata kunci : Pengembangan LKS, inkuiri, berpikir kritis, daur biogeokimia

Published
2013-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 216
PDF Downloads: 257