VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK KELAS XI SMA

  • SRI UTAMI

Abstract

Materi sistem pencernaan  dapat diajarkan melalui pendekatan saintifik, sehingga dapat melatih keterampilan ilmiah siswa dalam melakukan kegiatan belajar, dan diharapkan apa yang telah didapatkan selama kegiatan belajar akan lebih bermakna oleh siswa. Untuk membantu guru melatihkan keterampilan ilmiah tersebut diperlukan suatu perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pada materi sistem pencernaan manusia untuk kelas XI SMA yang valid. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D, namun hanya sampai tahap develop. Validitas perangkat pembelajaran ditentukan berdasarkan hasil validasi RPP, LKS, dan Tes Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dinyatakan valid dengan skor RPP memperoleh rata-rata ≥3 yang termasuk dalam kategori sangat valid, skor validasi LKS ≥3 dengan kategori sangat valid, dan validasi soal tes hasil belajar mendapatkan skala penilaian A kategori valid tanpa revisi diperoleh pada 14 soal tes hasil belajar dan skala penilaian B kategori valid dengan revisi diperoleh pada 4 soal tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pada materi sistem pencernaan manusia yang layak berdasarkan validitas RPP, LKS, dan soal Tes Hasil Belajar.

Kata Kunci: validitas, perangkat pembelajaran, pendekatan saintifik, sistem pencernaan.

Published
2017-03-03
Section
Articles
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 85