PENGEMBANGAN LKS PENGAMATAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK (5M) PADA MATERI SUPERKELAS PISCES UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X

  • PUTRI INDRAWATI

Abstract

Salah satu materi Biologi yang dapat dipelajari melalui kegiatan pengamatan yaitu Superkelas Pisces karena merupakan kelompok Vertebrata yang dijumpai siswa sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS Pengamatan Superkelas Pisces dan mendeskripsikan validitas, kepraktisan serta keefektifannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 4D (Define, Design, Development, Disseminate) namun tahap Disseminate tidak dilakukan. Tahap pengembangan dilaksanakan di Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Surabaya, selanjutnya tahap ujicoba dilakukan kepada 20 siswa kelas X SMA Negeri 10 Surabaya. Validitas LKS Pengamatan ditinjau berdasarkan hasil penilaian para ahli, kepraktisan LKS Pengamatan diukur berdasarkan keterlaksanaan RPP dan aktivitas siswa, sedangkan keefektifan LKS Pengamatan ditinjau berdasarkan sikap siswa, hasil belajar siswa serta respons siswa. Hasil validasi LKS Pengamatan Superkelas Pisces secara keseluruhan memperoleh rata-rata sebesar 97,11% dengan kategori sangat baik. Kepraktisan LKS Pengamatan Superkelas Pisces ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran dalam RPP memperoleh persentase sebesar 100% dengan kategori sangat baik, sedangkan ditinjau dari aktivitas siswa memperoleh persentase sebesar 97,50% dengan kategori sangat baik. Keefektifan LKS Pengamatan Superkelas Pisces ditinjau dari sikap siswa memperoleh persentase sebesar 96,78% dengan kategori sangat baik, sedangkan ditinjau dari hasil belajar siswa memperoleh rata-rata ketercapaian indikator sebesar 81,67%. Keefektifan LKS Pengamatan ditinjau dari respons siswa memperoleh rata-rata persentase sebesar 97,36% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS Pengamatan Superkelas Pisces layak digunakan

Kata kunci: LKS Pengamatan, Pendekatan Saintifik, Materi Superkelas Pisces 

 

Published
2017-03-03
Section
Articles
Abstract Views: 86
PDF Downloads: 146