KEEFEKTIFAN LKS BERORIENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK POKOK BAHASAN TRANSPOR MELALUI MEMBRAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES TERINTEGRASI THE EFFECTIVENESS OF STUDENT WORKSHEET ORIENTED ON SCIENTIFIC APPROACH ON THE TOPIC OF MEMBRANE TRANSPORT TO TRAIN INTEGRATED PROCESS SKILLS

  • VITA SHILVIANA

Abstract

Keterampilan proses terintegrasi adalah keterampilan yang dibutuhkan siswa secara aktif untuk membangun dan menemukan konsep melalui tahapan mengamati, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan informasi/data, menganalisis data, menyimpulkan hingga mengkomunikasikan. Salah satu pokok bahasan dalam materi sel yang diajarkan pada siswa kelas XI SMA yaitu transpor melalui membran. Topik transpor membran memuat konsep-konsep yang memiiki istilah dan pengertian yang serupa sehingga sulit dipahami siswa. Alternatif solusi diperlukan suatu bahan ajar alternatif berupa lembar kegiatan siswa yang berorientasi pendekatan saintifik untuk melatihkan keterampilan proses terintegrasi sehingga kegiatan pembelajaran berlangsung menyenangkan dan bermakna. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keefektifan LKS berorientasi pendekatan saintifik pada pokok bahasan transpor melalui membran untuk melatihkan keterampilan proses terintegrasi yang ditinjau dari keterlaksanaan keterampilan proses siswa, sikap siswa, hasil belajar siswa serta respons siswa. Model pengembangan LKS yaitu 4-D. Uji coba LKS secara terbatas dilaksanakan pada Maret 2016 di SMAN 1 Sooko Mojokerto. Data yang didapatkan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai keefektifan LKS mendapatkan persentase rata-rata sebesar 90,39% yang menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan sangat efektif.

 

Kata kunci: LKS, Pendekatan Saintifik, Transpor Membran, Keterampilan Proses Terintegrasi. 

Published
2017-03-03
Section
Articles
Abstract Views: 180
PDF Downloads: 289