ANALISIS BUTIR TES PILIHAN GANDA DUA TINGKAT UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA KONSEP FOTOSINTESIS DAN RESPIRASI TUMBUHAN  

  • EVA RUSYDIANA

Abstract

Kesulitan   yang   dialami   oleh   siswa   dalam   memahami   suatu   konsep   dapat   berdampak   pada ketidaktercapainya hasil belajar siswa secara maksimal, sehingga perlu dilakukan identifikasi agar diketahui tingkatan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan tes pilihan ganda dua tingkat (two- tier tes) pada konsep Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan dan mendeskripsikan validitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan 4-d Models. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes pilihan ganda dua tingkat untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa SMA pada konsep Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan mendapatkan persentase validitas tes secara teoritis sebesar  98,17% dan termasuk sangat valid, validitas tes secara empiris mendapatkan koefisien reliabilitas sebesar  0,7 dan termasuk kategori cukup, 79,68% butir tes sensitif, dan 100% butir tes pilihan ganda memiliki distraktor yang baik. Profil Miskonsepsi siswa SMA pada konsep Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan menunjukkan lebih dari 50% siswa mengalami miskonsepsi  pada  indikator  menjelaskan  pengertian  fotosintesis,  menentukan  waktu  terjadinya  respirasi, menentukan  tahapan  respirasi  aerob  dan  anaerob,  menjelaskan  fungsi  tahapan  dekarboksilasi  oksidatif, menganalisis fungsi-fungsi enzim pada tahap siklus Krebs dan tentang menjelaskan tahapan respirasi anaerob.

Kata Kunci: analisis, tes pilihan ganda dua tingkat, miskonsepsi, fotosintesis dan respirasi tumbuhan

 

 

Published
2017-03-03
Section
Articles
Abstract Views: 764
PDF Downloads: 666