PENERAPAN LKS BERBASIS CPS MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN DAUR ULANG LIMBAH UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA

  • ANI SETYAWATI

Abstract

Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa dalam menganalisis dan memecahkan masalah lingkungan yaitu pembelajaran dengan menggunakan lembar kegiatan siswa berbasis creative problem solving yang berisi lembaran-lembaran kegiatan yang akan dilakukan siswa dan panduan untuk memancing proses berpikir kreatif dan kritis siswa dalam menyelesaikan masalah limbah di daerah pesisir dengan menghasilkan suatu produk yang bernilai ekonomi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan 1) Ketuntasan hasil belajar dan 2) respons siswa setelah proses pembelajaran penerapan menggunakan lembar kegiatan siswa berbasis ceative problem solving pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimental dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 1-2 April 2016. Parameter yang diukur meliputi hasil belajar dan respon siswa. Sasaran penelitian yang digunakan yaitu 30 siswa dari kelas X MIA 6 di SMAN 1 Sampang. Hasil penelitian menunjukkan persentase 1) Ketuntasan hasil belajar ditinjau dari ketercapaian indikator pretest yang memperoleh persentase sebesar 32,09%,ketercapaian indikator postest yang memperoleh persentase sebesar 96,67%dan, 2) Hasil respon siswa adalah 100% siswa memberikan respon positif.

 

Kata kunci: Penerapan, LKS, Creative Problem Solving, Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah 

Published
2017-03-03
Section
Articles
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 54