VALIDITAS KARTU PERMAINAN TIC-TAC-TOE BERORIENTASI ACTIVE LEARNING STRATEGI MENGAJUKAN PERTANYAAN PADA SUB MATERI TRANSPOR MEMBRAN

  • MEY BUDIARTINI

Abstract

Transpor membran merupakan sub materi yang dianggap sulit oleh siswa, karena tidak semua konsep dapat diamati secara langsung. Pada kegiatan pembelajaran, guru masih menerapkan pembelajaran pasif dan kurang memberikan variasi dalam kegiatan pemantapan. Salah satu variasi untuk mengaktifkan siswa dalam kegiatan pemantapan yaitu dengan sumber belajar berbasis permainan yang berorientasi pembelajaran aktif menggunakan strategi mengajukan pertanyaan. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan validitas kartu permainan Tic-tac-toe berorientasi active learning strategi mengajukan pertanyaan berdasarkan penilaian validasi oleh validator yaitu ahli materi, ahli pendidikan, dan guru biologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang telah diadaptasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas kartu permainan Tic-tac-toe memperoleh penilaian sebesar 93,34% (sangat valid).

Kata kunci: pengembangan, kartu permainan Tic-tac-toe, active learning, Strategi mengajukan pertanyaan, transpor membran

Published
2017-03-03
Section
Articles
Abstract Views: 97
PDF Downloads: 154