KELAYAKAN TEORITIS DAN EMPIRIS HASIL PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES PADA MATERI JAMUR T

  • YULIA RAHAYU ROHMANIA

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang layak secara teoritis dan empiris. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate tetapi disseminate tidak dilakukan. Penelitian dilaksanakan di SMAN Bandarkedungmulyo Jombang pada bulan April-Mei 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perangkat pembelajaran dinyatakan layak secara teoritis dengan validitas silabus sebesar 3,6 dengan kategori sangat baik, RPP sebesar 3,7 dengan kategori sangat baik, LKS 1 dan LKS 2 masing-masing sebsar 3,6 dan 3,5 dengan dengan kategori sangat baik, tes hasil belajar sebesar 3,8 dengan kategori sangat baik. Perangkat pembelajaran dinyatakan layak secara empiris dengan keterlaksanaan RPP oleh guru dengan persentase rata-rata sebesar 100% dengan kategori sangat layak, kepraktisan LKS 1 dan LKS 2 sebesar 91,66% dan 95% dengan kategori sangat baik, keterlaksanaan LKS sebesar 93,3% dengan kategori sangat layak, hasil belajar ditinjau dari kompetensi pengetahuan sebesar 93,3% dan ketercapaian indikator sebesar 86,3%, kompetensi keterampilan proses sebesar 97,2%, kompetensi sikap spiritual dan sosial sebesar 98,8% dan 98,2%, serta respons siswa sebesar 97,4% dengan kategori positif dan sangat baik. Perangkat pembelajaran dinyatakan layak secara teoritis dan empiris. 

 

Kata Kunci: perangkat pembelajaran, inkuiri terbimbing, keterampilan proses, materi jamur.

Published
2017-03-03
Section
Articles
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 73