KEEFEKTIFAN LKS MATERI DAUR BIOGEOKIMIA BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA KELAS X SMA

  • HAFIZ DIWALUTHFI

Abstract

Lembar Kegiatan Siswa materi daur biogeokimia yang digunakan di sekolah-sekolah pada umumnya masih berisi ringkasan materi dan pertanyaan-pertanyaan kognitif saja. Pada kenyataannya, proses pembelajaran Kurikulum 2013 diharapkan dapat mencapai tujuan pembelajaran meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kurikulum 2013 dalam proses pembelajarannya dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan ilmiah. Berdasarkan hal tersebut, dibuat suatu penelitian yaitu penerapan Lembar Kegiatan Siswa berbasis pendekatan ilmiah yang telah dikembangkan oleh Cahyono pada tahun 2014 sebagai upaya melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013. Penelitian ini menerapkan LKS materi daur biogeokimia berbasis pendekatan ilmiah, untuk kemudian ditinjau keefektifannya terhadap kemampuan berpikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan LKS materi daur biogeokimia berbasis pendekatan ilmiah terhadap kemampuan berpikir siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Sasaran penelitian siswa kelas X MAN 2 Gresik terdiri dari 60 siswa. Parameter yang diukur dalam penelitian ini antara lain keterlaksanaan pembelajaran, penguasaan konsep siswa, kemampuan berpikir siswa, dan respon siswa. Data hasil penelitian dianalisis sesuai dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir siswa mencapai tingkatan kemampuan berpikir relasional dan extended abstract sebesar 90%, .

Kata Kunci: Keefektifan Lembar Kegiatan Siswa, pendekatan ilmiah, kemampuan berpikir, materi daur biogeokimia

Published
2017-04-17
Section
Articles
Abstract Views: 97
PDF Downloads: 143