KEPRAKTISAN DAN EFEKTIVITAS LKS BERBASIS INKUIRI UNTUK MELATIHKAN LITERASI SAINS PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI KELAS XI

  • NUR AVITA SARI

Abstract

Kurikulum 2013 mempunyai harapan yang menuju pada terwujudnya literasi sains. Salah satu model pembelajaran yang dapat melatihkan literasi sains yaitu model pembelajaran inkuiri. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk menguji kepraktisan dan keefektivan LKS berbasis inkuiri untuk melatihkan literasi sains pada materi sistem pernapasan. Metode penelitian ini yaitu mengujicobakan secara terbatas LKS yang telah dikembangkan dan divalidasi oleh validator dengan kategori sangat valid pada 16 siswa kelas XII SMAN 1 Menganti, Gresik. Desain penelitian yang digunakan yakni one group pretest-posttest desain. Hasil penelitian menunjukkan LKS yang dinyatakan praktis berdasarkan aktivitas siswa sebesar 91,16%. LKS dinyatakan efektif berdasarkan hasil belajar siswa. Hasil pengamatan sikap siswa memperoleh rata-rata skor 3,74 dengan kategori sangat efektif, skor rata-rata posttest 86 dan skor rata-rata analisis peningkatan literasi sains siswa yaitu sebesar 0,78 dengan kriteria tinggi. berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan dinyatakan praktis dan efektif.  

Kata Kunci: pengembangan LKS, inkuiri, literasi sains, sistem pernapasan.

Published
2017-04-17
Section
Articles
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 107