VALIDITAS KARTU PERMAINAN DOMINO INVERTEBRATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR UNTUK SISWA KELAS X SMA

  • PUNGKAS AYU HAPSARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media permainan kartu domino invertebrata untuk meningkatkan hasil belajar serta mendeskripsikan validitas, keefektifan, dan kepraktisannya. Pengembangan media ini dilakukan di Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Surabaya dengan menggunakan model pengembangan ASSURE (Analyze learners; States objectives; Select methods, media and material; Utilize media and materials; Require learner participation; dan Evaluate and revise). Uji coba dilakukan di SMA Negeri 1 Sampang menggunakan one group pretest and posttest design. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Peningkatan hasil belajar dianalisis dengan Gain Score. Berdasarkan hasil validasi, media dinyatakan sangat baik dengan persentase 97,42%. Media dinilai efektif dalam pembelajaran ditinjau dari hasil belajar 100% siswa dinyatakan tuntas dengan nilai Gain score sebesar 0,66 dan 97,69% siswa memberikan respons positif terhadap media kartu domino invertebrata. Berdasarkan pengamatan aktivitas siswa, media dinyatakan sangat baik dengan persentase 100%. Media pembelajaran berupa kartu permainan domino untuk meningkatkan hasil belajar dinyatakan valid, efektif dan praktis digunakan dalam pembelajaran.

 Kata kunci: Kartu domino invertebrata, peningkatan hasil belajar, Kelas X SMA.

Published
2017-04-17
Section
Articles
Abstract Views: 109
PDF Downloads: 116