VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI VIRUS KELAS X SMA

  • FITRIA ISTIKOMAH DEWI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran berbasis literasi sains pada materi virus kelas X SMA. Perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, dan buku ajar ini dikembangkan dengan menggunakan model 4-D (tanpa disseminate). Literasi sains pada perangkat pembelajaran ini tampak pada silabus, RPP, dan buku ajar, sehingga melalui langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan dan fenomena yang diberikan pada buku ajar dapat melatihkan keterampilan literasi sains siswa. Subjek penelitian ini adalah 16 siswa kelas X MIA 5 di SMAN 4 Sidoarjo. Validitas perangkat pembelajaran diperoleh berdasarkan hasil validasi dua dosen dan guru mata pelajaran biologi SMAN 4 Sidoarjo terhadap silabus, RPP, dan buku ajar. Kepraktisan diperoleh berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan oleh siswa. Keefektifan diukur berdasarkan hasil belajar dan respon siswa.  Hasil penelitian terhadap validitas menunjukkan persentase silabus yaitu 92,75%, persentase RPP yaitu  98,25%, dan persentase buku ajar adalah sebesar 94,75% sehingga memperoleh kategori sangat valid. Hasil kepraktisan menunjukkan persentase  keterlaksanaan adalah sebesar 95,75% untuk  kegiatan guru dan 89,5% untuk kegiatan siswa sehingga termasuk kategori praktis. Hasil dari keefektifan berdasarkan hasil belajar menunjukkan persentase siswa yang tuntas sebesar 81,25%, persentase ketercapaian sebesar 79,38% dinyatakan tuntas, dan respon siswa sebesar 84,37% memberikan respon positif .

 

Kata kunci: validitas, keterlaksanaan, perangkat pembelajaran, literasi sains, materi virus

Published
2017-04-17
Section
Articles
Abstract Views: 267
PDF Downloads: 403