VALIDITAS LEMBAR KEGIATAN SISWA PENDEKATAN SAINTIFIK MATERI PENCEMARAN DAN DAUR ULANG LIMBAH IKAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

  • Aulia Firdauzi Hasanah

Abstract

Pendekatan saintifik 5M, yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasi perlu dilatihkan pada siswa. Kurikulum 2013 dengan tuntutan 4 Kompetensi Inti mengarahkan pembelajaran tidak hanya terfokus pada kompetensi kognitif saja, tetapi juga afektif dan psikomotorik siswa. Kompetensi yang ada juga menuntut siswa untuk mampu berpikir kritis. Permasalahan lingkungan perairan yang disebabkan oleh pembuangan ikan banyak ditemui di lingkungan skitar siswa. Limbah ikan dapat didaur ulang menjadi pupuk cair yang juga dapat dimanfaatkan untuk menutrisi tanaman. Pembelajaran berbasis lingkungan dengan memanfaatkan limbah ikan dapat mengcover seluruh tuntutan kurikulum 2013 melalui kegiatan pembelajaran menggunakan sumber belajar berupa LKS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan teoritis LKS berdasarkan penilaian validasi LKS oleh ahli biologi, observasi keterlaksanaan aktivitas siswa, dan respon siswa. Pengembangan LKS menggunakan model 4D, meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate, tetapi tanpa tahap disseminate (penyebaran). Penelitian dilakukan pada November 2015 hingga Mei 2016 di Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya. Parameter yang diukur dalam penelitian ini, meliputi isi LKS, penyajian, dan tata bahasa oleh 1 dosen ahli materi, 1 dosen ahli pendidikan, dan 1 guru biologi, keterlaksanaan aktivitas berdasarkan kegiatan 5M, dan angket respon siswa. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian terhadap LKS yang dikembangkan diperoleh rata-rata berdasarkan penilaian ahli sebesar 90% (sangat valid), keterlaksanaan aktivitas siswa sebesar 90.6% (sangat baik), dan respon siswa terhadap LKS sebesar 88,2% (sangat baik).  

Kata kunci: pengembangan lembar kegiatan siswa, pendekatan saintifik, pencemaran lingkungan dan daur ulang limbah ikan, keterampilan berpikir kritis.

Published
2017-04-17
Section
Articles
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 60