VALIDITAS BUKU AJAR BERBASIS AKTIVITAS PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI BAGI SISWA SMA/MA

  • DWI PIPIT INDRIYANTI

Abstract

Kurikulum 2013 menyatakan bahwa pembelajaran harus berpusat pada siswa (student center) yang berarti menuntut lebih banyak aktivitas siswa daripada guru. Berdasarkan pernyataan itulah dilakukan sebuah penelitian yang memiliki tujuan menghasilkan sumber belajar berbasis aktivitas berupa buku ajar yang valid. Pengembangan buku ajar ini menggunakan model 4D, namun hanya sampai pada tahap develop dan dilakukan di Jurusan Biologi Unesa. Validitas diperoleh melalui validasi oleh dua pakar dengan menggunakan lembar validasi dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil validasi yang memuat kelayakan isi, kelayakan penyajian, dan kelayakan kebahasaan memperoleh skor rata-rata 3,72 yaitu sangat layak yang berarti buku ajar yang dikembangkan bisa digunakan pada sebuah pembelajaran.

Kata kunci : validitas, buku ajar, aktivitas pembelajaran, materi keanekaragaman hayati

Published
2017-05-22
Section
Articles
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 63