KELAYAKAN MEDIA FLASH MATERI EKOSISTEM UNTUK MELATIHKAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X

  • RIZKI KHARISMA WAHYUATMAWATI

Abstract

Tujuan pengembangan media flash dalam penelitian ini adalah menghasilkan media flash untuk melatihkan berpikir kritis siswa dan mendeskripsikan media flash untuk melatihkan berpikir kritis pada materi ekosistem yang layak secara teoritis. Kelayakan teoritis media flash melatihkan berpikir kritis ditinjau dari aspek kelayakan media. Kelayakan media meliputi format media, dan isi/materi. Metode yang digunakan dalam pengembangan media flash untuk melatihkan berpikir kritis adalah model pengembangan ASSURE yang terdiri dari 6 tahap pengembangan yaitu menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa, merumuskan tujuan,pemilihan media dan bahan ajar, menggunakan media dan materi, meminta partisipasi siswa, dan evaluasi dan revisi. Pengembangan media flash dilaksanakan di Jurusan Biologi, FMIPA, Unesa. Ujicoba terbatas diujicobakan kepada 25 siswa kelas X-3 SMA Sejahtera Surabaya dan Waktu ujicoba pada bulan Maret 2016. Kelayakan media memperoleh nilai 88% masuk dalam kategori layak. Hal ini kelayakan media, menunjukkan bahwa media pembelajaran media flash yang dikembangkan layak layak secara teoritis.

 

                  

 Kata Kunci: ekosistem, berpikir kritis, media flash

Published
2017-05-25
Section
Articles
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 65