EFEKTIVITAS  KARTU PERMAINAN MAKE A MATCH UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KELAS XII SMA

  • MARGARETH CLAIRINE ALODIA

Abstract

Sekolah dituntut untuk mampu memfasilitasi siswa untuk berlatih berpikir tingkat tinggi menganalisis dan mengevaluasi untuk menghadapi tantangan di abad 21. Berdasarkan hal tersebut dilakukan pengembangan kartu permainan Make a Match yang bertujuan untuk menghasilkan kartu Make a Match dilengkapi pula oleh petunjuk penggunaan kartu untuk memfasilitasi siswa berlatih berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4-D yaitu Define, Design, Develop, tetapi pada tahap Dessiminate tidak dilakukan. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Biologi FMIPA Unesa, dan uji coba dilakukan pada 15 siswa SMAN 21 Surabaya. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa kartu Make a Match memperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 0,70 (kategori peningkatan tinggi) dengan keseluruhan indikator tuntas serta hasil respon siswa 97,75% (kategori sangat efektif). Berdasarkan perolehan data tersebut dapat disimpulkan kartu permainan Make a Match pertumbuhan dan perkembangan sangat efektif untuk memfasilitasi siswa berlatih berpikir tingkat tinggi.

Kata Kunci: pengembangan, kartu make a match, keterampilan berpikir tingkat tinggi, materi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan

Published
2017-05-25
Section
Articles
Abstract Views: 47
PDF Downloads: 103