KEEFEKTIFAN KARTU PERMAINAN WHO AM I UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK PADA SUBMATERI STRUKTUR DAN FUNGSI ORGANEL SEL

  • ASTRI YULIANTI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan kartu permainan Who am I pada submateri struktur dan fungsi organel sel yang efektif untuk melatihkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). Keefektifan kartu permainan Who am I diperoleh dari hasil belajar pengetahuan dan respon peserta didik. Hasil belajar pengetahuan menunjukkan semua indikator pada penelitian ini tuntas, peningkatan hasil belajar pengetahuan peserta didik sebesar 0,72 (peningkatan tinggi) dan respon positif peserta didik sebesar 96,7% (sangat efektif).  Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kartu permainan Who am I efektif untuk melatihkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada submateri struktur dan fungsi organel sel.

Kata kunci: kartu permainan Who am I, keterampilan berpikir tingkat tinggi, strukur dan fungsi organel sel

Published
2017-05-25
Section
Articles
Abstract Views: 144
PDF Downloads: 141